Kalau anda sering dengar istilah Kawin Kontrak, Nikah Kontrak, Pacar Sewaan atau apalah itu, dan kali ini saya memiliki sebuah istilah yang unik “PACAR SAHAM”. Bagaimana bisa demikian? mungkin yang ada dibenak anda pertama adalah satu orang dimiliki oleh banyak orang. Padahalkan “pacar” itu identik dengan kata-kata ” hanya kamu dan aku”, apakah demikian adanya?

 

Menurut saya tidak, karena menurut pandangan saya bahwa “pacar” itu sendiri belum cukup memliki ikatan yang kuat untuk mengikat sebuah komitmen. Ingat, bahwa banyak orang berpacaran hanyalah sekedar menjajaki tahap menuju ketahapan yang lebih serius. Bertunangan dan menikah, itu apabila tahap penjajakan atau pacaran berjalan dengan mulus.

 

Terkadang ada sosok pacar yang posesif, dimana pacarnya tidak boleh bergaul dengan kawan-kawannya karena adanya persepsi ” Kamu miliku, jadi semua waktumu hanya untukku  “. Mungkin tidak realistis bila selalu mengikuti persepsi itu. Karena secara hakiki manusia adalah makhluk sosial yang tentunya butuh berinteraksi dengan orang lain disekitarnya (bukan dengan pacarnya saja).

 

Oleh karena itu, bisa muncul sebuah ide tentang “pacar saham” dimana sebut saja Si A adalah seorang cewek dan si B adalah cowok dan mereka adalah sepasang kekasih. Bilia dalam persepsi kuno yang ekstrim dimana hanya ada kata “kamu milikku” tanpa ada rasa percaya diantara keduanya, jelas hubungan itu tak kan berjalan lama. Karena salah satu dari mereka akan merasa terkekang karena tak ada banyak waktu untuk berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya.

 

Lebih baik mana dengan kondisi yang dimana Si A hanya dimiliki oleh Si B dengan saham 49% dan 51% dari Si A adalah kebebasan dia untuk berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya. 49% jika dibanding 51% mungkin memang lebih besar 51%, namun tetap si B yang menjadi pemilik hati si A, karena 51% adalah saham gabungan dari Keluarga dan beberapa kawan si A. Jadi si B tak perlu cemas dengan pembagian saham ini. Selama komitmen yang dibuat si A dan B masih berjalan dengan baik, maka akan baik-baik saja.

 

 

 

nb= Note yang agak ngawur ini semoga bisa dicerna, masih butuh riset buat kebenaran note ini. ^^